Sabtu, 13 April 2019

kerja sama internasional


JAWABLAH  PILIHAN YANG PALING TEPAT!
1.       Berikut ini bukan manfaat kerja sama internasional bagi bangsa Indonesia ialah ....
a.        meningkatkan kemajuan di berbagai bidang kehidupan
b.       mengatasi segala macam masalah internasional
c.        memperkuat pelaksanaan hukum internasional
d.       mengetahui keunggulan bangsa-bangsa lain
e.       mewujudkan keamanan dan kesejahteraan
2.       Ikut mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial adalah tujuan nasional Indonesia yang tercantum dalam ....
a.        Pancasila                                                c.   Pembukaan UUD 1945                  e.  GBHN
b.       Batang Tubuh UUD 1945                     d.    Penjelasan UUD 1945
3.       Pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif Indonesia diabadikan untuk ....
a.        kepentingan internasional                 c.   kepentingan nasional                    e. Perdamaian bangsa
b.       kerja sama regional                             d.   keamanan hubungan luar negeri
4.       Tujuan dibentuknya PBB antara lain ....
a.        menyelesaikan perselisihan secara damai     
b.       menghormati persamaan kedaulatann semua negara
c.        tidak mencampuri urusan dalam negeri suatu negara
d.       memelihara perdamaian dan keamanan internasional
e.       pusat segala kerja sama internasional
5.       Contoh organisasi kerja sama regional ialah ....
a.        OPEC           b.   OKI             c.   GNB              d.    MEE              e.  CGI
6.       Organisasi internasional di bawah PBB yang mengurusi masalah pengungsian adalah ....
a.         UNICEF      b.   UNCHR       c.  UNDP          d.  IBRD                 e.  UNESCO
7.       Di Indonesia yang berwenang meratifikasi suatu perjanjian ialah ....
a.        MPR                                                        d.   Presiden
b.       DPR                                                         e.   presiden dengan persetujuan DPR
c.        Menlu
8.       Sikap yang perlu kita dukung dalam pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.        mengirimkan pasukan perdamaian atas nama PBB
b.       mendukung uji coba nuklir di gurun pasir
c.         ikut aktif dalam gerakan Nonblok
d.       berperan aktif dalam kegiatan diplomatik
e.       meningkatkan peranan di ASEAN
9.       Organisasi kelengkapan PBB yang berwenang memberi saran kepada Dewan Keamanan adalah ....
a.        Mahkamah Internasional   d.  Dewan Perwakilan
b.       Majelis Umum                                      e.  Sekretariat
c.        Dewan Ekonomi dan Sosial
10.    Bantuan PBB dalam penyelesaian pertikaian Indonesia Belanda adalah dengan membentuk ....
a.        UNTEA                    b. UNCI                   c.  UNEF  d. UNDP e. UBCTAD
11.    Langkah-langkah dalam membuat perjanjian adalah ....
a.        negotiation, mediasion, signature                     d.negotiation, signature, ratification
b.       signature, negotiation, ratification                    e.signature, ratification, negotiation
c.        ratification, negotiation, signature


12.    Yang tidak termasuk asas-asas berdirinya PBB adalah ... .
a.        persamaan kedaulatan terhadap semua anggota
b.       setiap anggota mempunyai kewajiban sesuai Piagam PBB
c.        menyelesaikan perselisihan internasional secara damai
d.       memberikan bantuan kepada negara yang dikenai sanksi PBB
e.       tidak mencampuri urusan rumah tangga negara mana pun
13.    Di bawah ini disebutkan beberapa istilah asing perjanjian internasional,kecuali ....
a.        Convention           b.  Treaty  c.pacta sun servanda   d.  Agreement       e.  charter
14.    Perjanjian yang dibuat oleh dua negara disebut ....
a.        perjanjian bilateral                              d.  perjanjian multilateral
b.       perjanjian internasional                      e.   treaty contract
c.         law making treaties
15.    Asas yang menyatakan setiap perjanjian internasional yang dibuat harus ditaati ditunjukkan oleh asas ....
a.        Bonafides                                              c. Resiprositas                                       e. Coertesy
b.       pacta sun servanda                              d. rebus sig stantibus
16.    Berikut disebutkan beberapa contoh perjanjian multilateral, kecuali ...
a.        Konvensi Jenewa 1949
b.       Konvensi Wina 1961
c.        Konvensi Hukum Laut
d.       Perjanjian Dwi Kewarganegaraan RI - RRC Piagam Atlantik
e.       Deklarasi sebagai pernyataan sepihak menurut
17.    Law making treatie disebut juga perjanjian yang terkait ....
a.         Terbuka                  b.  Memaksa        c.  Tertutup           d.   Sukarela          e.  bebas
18.    Hal yang menyebabkan dibatalkannya suatu perjanjian internasional adalah....
a.        Adanya mufakat                   d.  Ada yang dirugikan        
b.       Adanya kecurangan             e. Terjadi pelanggaran
c.        Adanya ancaman
19.    Pengusiran duta besar ke negara asal yang dilakukan oleh negara dimana dia bertugas disebut dengan istilah....
a. priviliges            b.  Inviobility         c.  Personna nongrata         d. Extrateritorial   e.  asylum
20.    Duta yang akan bertugas diluar negeri akan mendapat surat kepercayaan dari kepala negara pengirim secara resmi, hal itu disebut dengan istilah....
a. letrre de charge                               d. Letrre de rapple
b. lettre de credance                          e. Letrre de gerzant
c. letrre de runner


Hubungan luar negeri


JAWABLAH  PILIHAN YANG PALING TEPAT!
1.       Manfaat kerja sama internasional bagi bangsa Indonesia ialah ....
a.        meningkatkan kemajuan di berbagai bidang kehidupan
b.       mengatasi segala macam masalah internasional
c.        memperkuat pelaksanaan hukum internasional
d.       mengetahui keunggulan bangsa-bangsa lain
e.       mewujudkan keamanan dan kesejahteraan
2.       Ikut mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial adalah tujuan nasional Indonesia yang tercantum dalam ....
a.        Pancasila                                                c.   Pembukaan UUD 1945                  e.  GBHN
b.       Batang Tubuh UUD 1945                     d.    Penjelasan UUD 1945
3.       Pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif Indonesia diabadikan untuk ....
a.        kepentingan internasional                 c.   kepentingan nasional                    e. Perdamaian bangsa
b.       kerja sama regional                             d.   keamanan hubungan luar negeri
4.       Tujuan dibentuknya PBB antara lain ....
a.        menyelesaikan perselisihan secara damai     
b.       menghormati persamaan kedaulatann semua negara
c.        tidak mencampuri urusan dalam negeri suatu negara
d.       memelihara perdamaian dan keamanan internasional
e.       pusat segala kerja sama internasional
5.       Contoh organisasi kerja sama regional ialah ....
a.        OPEC           b.   OKI             c.   GNB              d.    MEE              e.  CGI
6.       Organisasi internasional di bawah PBB yang mengurusi masalah pengungsian adalah ....
a.         UNICEF      b.   UNCHR       c.  UNDP          d.  IBRD                 e.  UNESCO
7.       Di Indonesia yang berwenang meratifikasi suatu perjanjian ialah ....
a.        MPR                                                        d.   Presiden
b.       DPR                                                         e.   presiden dengan persetujuan DPR
c.        Menlu
8.       Sikap yang perlu kita dukung dalam pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.        mengirimkan pasukan perdamaian atas nama PBB
b.       mendukung uji coba nuklir di gurun pasir
c.         ikut aktif dalam gerakan Nonblok
d.       berperan aktif dalam kegiatan diplomatik
e.       meningkatkan peranan di ASEAN
9.       Organisasi kelengkapan PBB yang berwenang memberi saran kepada Dewan Keamanan adalah ....
a.        Mahkamah Internasional   d.  Dewan Perwakilan
b.       Majelis Umum                                      e.  Sekretariat
c.        Dewan Ekonomi dan Sosial
10.    Bantuan PBB dalam penyelesaian pertikaian Indonesia Belanda adalah dengan membentuk ....
a.        UNTEA                    b. UNCI                   c.  UNEF  d. UNDP e. UBCTAD
11.    Langkah-langkah dalam membuat perjanjian adalah ....
a.        negotiation, mediasion, signature                     d.negotiation, signature, ratification
b.       signature, negotiation, ratification                    e.signature, ratification, negotiation
c.        ratification, negotiation, signature


12.    Yang tidak termasuk asas-asas berdirinya PBB adalah ... .
a.        persamaan kedaulatan terhadap semua anggota
b.       setiap anggota mempunyai kewajiban sesuai Piagam PBB
c.        menyelesaikan perselisihan internasional secara damai
d.       memberikan bantuan kepada negara yang dikenai sanksi PBB
e.       tidak mencampuri urusan rumah tangga negara mana pun
13.    Di bawah ini disebutkan beberapa istilah asing perjanjian internasional,kecuali ....
a.        Convention           b.  Treaty  c.pacta sun servanda   d.  Agreement       e.  charter
14.    Perjanjian yang dibuat oleh dua negara disebut ....
a.        perjanjian bilateral                              d.  perjanjian multilateral
b.       perjanjian internasional                      e.   treaty contract
c.         law making treaties
15.    Asas yang menyatakan setiap perjanjian internasional yang dibuat harus ditaati ditunjukkan oleh asas ....
a.        Bonafides                                              c. Resiprositas                                       e. Coertesy
b.       pacta sun servanda                              d. rebus sig stantibus
16.    Berikut disebutkan beberapa contoh perjanjian multilateral, kecuali ...
a.        Konvensi Jenewa 1949
b.       Konvensi Wina 1961
c.        Konvensi Hukum Laut
d.       Perjanjian Dwi Kewarganegaraan RI - RRC Piagam Atlantik
e.       Deklarasi sebagai pernyataan sepihak menurut
17.    Law making treatie disebut juga perjanjian yang terkait ....
a.         Terbuka                  b.  Memaksa        c.  Tertutup           d.   Sukarela          e.  bebas
18.    Hal yang menyebabkan dibatalkannya suatu perjanjian internasional adalah....
a.        Adanya mufakat                   d.  Ada yang dirugikan        
b.       Adanya kecurangan             e. Terjadi pelanggaran
c.        Adanya ancaman
19.    Pengusiran duta besar ke negara asal yang dilakukan oleh negara dimana dia bertugas disebut dengan istilah....
a. priviliges            b.  Inviobility         c.  Personna nongrata         d. Extrateritorial   e.  asylum
20.    Duta yang akan bertugas diluar negeri akan mendapat surat kepercayaan dari kepala negara pengirim secara resmi, hal itu disebut dengan istilah....
a. letrre de charge                               d. Letrre de rapple
b. lettre de credance                          e. Letrre de gerzant
c. letrre de runner


Selasa, 02 April 2019

kedudukan fungsi dan tujuan wawasan nusantara


Kompetensi Dasar : 
Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Petunjuk Belajar Modul: 
  1. Dengan modul ini diharapkan siswa dapat belajar secara mandiri tentang kedudukan  fungsi dan tujuan wawasan nusantara tanpa atau dengan bimbingan guru.
  2. Modul ini dikembangkan dari konsep yang mudah ke yang sulit, dari konsep nyata ke konsep yang abstrak dan dari konsep yang sederhana ke konsep yang rumit.
  3. Belajarlah secara berkelompok.
  4. Baca baik-baik Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Tujuan Pembelajaran.

Prasyarat Sebelum Belajar:
Sebelum mempelajari penyelenggaraan pemerintahan negara, peserta didik diharapkan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai apersepsi:
  1. Mendeskripsikan kedudukan Wawasan Nusantara
  2. Menjelaskan fungsi Wawasan Nusantara
  3. Menguraikan tujuan Wawasan Nusantara

A.     Kedudukan Wawasan Nusantara
Wawasan nusantara mempunyai tujuan yang sangat mulia dimana adanya wawasan nusantara ini diharapkan dapat mewujudkan sikap nasionalisme yang tinggi dalam segala bidang kehidupan masyarkaat Indonesia dengan tetap mengutamakan dan memfokuskan diri pada kepentingan nasional dibandingkan kepentingan perorangan atau pribadi, kepentingan kelompok, kepentingan suku bangsa, ataupun kedaerahan. Kepentingan kepentingan tersebut tetap akan dihargai selama tidak bertentangan dengan kepentingan nasional yang harus dijunjung tinggi.
Sedangkan dalam Tap MPR Tahun 1993 dan Tap MPR Tahun 1998 tentang GBHN, wawasan nusantara diartikan sebagai sebuah cara pandang dan juga sikap dari bangsa Indoneisa tentang diri pribadinya berikut lingkungannya yang tetap mengutamakan adanya persatuan dan kesatuan bangsa dan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan juga bernegara demi  mewujudkan cita cita nasional yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dalam sebuah paradigma nasional, wawasan nusantara ini mempunyai kedudukan yang sangat penting, yaitu :
1.      Pancasila sebagai sebuah falsafah, ideologi bangsa dan juga dijadikan dasar negara sebagai sebuah landasan idiil.
2.      UUD 1945 menjadi landasan konstitusional.
3.      Wawasan nusantara menjadi sebuah visi nasional yang menjadi landasan visional.
4.      Ketahanan nasional dijadikan sebagai sebuah konsepsi nasional yang dijadikan landasan konsepsional.
5.      GBHN atau garis besar haluan negara dijadikan sebagai politik serta strategi nasional yang menjadi landasan dalam meberikan kebijakan dasar nasional sehingga disebut sebagai landasan operasional.
Asas wawasan nusantara yang dianut oleh Bangsa indonesia ditentukan sebagai sebuah ketentuan dasar yang memang wajib untuk dipatuhi, dipelihara, dan juga ditaati guna mewujudkan kesetiaan dan rasa taat pada tiap tiap komponen pembentuk bangsa Indoneisa atas sebuah kesepakatan bersama yag telah disepakati. Asas wawasan nusantara tersebut adalah asas tujuan yang sama, asas keadilan, asas kejujuran, asas solidaritas, asas kerjasama, dan asas setia terhadap apa yang telah disepakati.

B.     Fungsi wawasan nusantara
Wawasan nusantara mempunyai tujuan yang sangat mulia dimana adanya wawasan nusantara ini diharapkan dapat mewujudkan sikap nasionalisme yang tinggi dalam segala bidang kehidupan masyarkaat Indonesia dengan tetap mengutamakan dan memfokuskan diri pada kepentingan nasional dibandingkan kepentingan perorangan atau pribadi, kepentingan kelompok, kepentingan suku bangsa, ataupun kedaerahan. Kepentingan kepentingan tersebut tetap akan dihargai selama tidak bertentangan dengan kepentingan nasional yang harus dijunjung tinggi.
Fungsi wawasan nusantara secara umum berperan sebagai pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam memastikan semua kebijaksanaan, ketentuan, tindakan, serta perbuatan untuk penyelenggaraan Negara di pusat serta daerah ataupun untuk semua rakyat Indonesia dalam kehidupan masyarakat, berbangsa serta bernegara.
Selain itu wawasan nusantara juga berfungsi untuk membentuk dan membina persatuan kesatuan bangsa dan negara Indonesia serta merupakan ajaran dasar nasional yang melandasi kebijakan serta langkah pembagunan nasional di Indonesia.
Fungsi wawasan nusantara menurut para ahli dibedakan dalam beberapa pandangan. Berikut merupakan beberapa fungsi fungsi wawasan nusantara :
Ø  Fungsi wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional yaitu sebagai konsep dalam pembangunan, pertahanan keamanan serta kewilahayan
Ø  Fungsi wawasan nusantara sebagai pembangunan nasional yaitu meliputi kesatuan politik, sosial dan ekonomi, sosial dan politik, kesatuan pertahanan serta keamanan.
Ø  Fungsi wawasan nusantara sebagai pertahanan dan keamanan yaitu pandangan geopolitik Indonesia sebagai satu kesatuan pada seluruh wilayah serta seluruh kekuatan negara.
Ø  Fungsi wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan yaitu pembatasan negara untuk menghindari adanya sengketa antar negara tetangga.

C.     Tujuan Wawasan Nusantara
Tujuan wawasan nusantara secara umum dibedakan menjadi tujuan nasional serta tujuan wawasan nusantara keluar dan ke dalam. Tujuan nasional tercatat dalam pembukaan UUD 1945. Sementara tujuan ke luar dan ke dalam berhubungan dengan ruang lingkupnya.

Tujuan Wawasan Nusantara Nasional
Tujuan nasional dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah “untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Tujuan Wawasan Nusantara Ke Luar
Tujuan wawasan nusantara keluar adalah menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang semakin mendunia ini maupun kehidupan dalam negeri serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, serta kerjasama dan sikap saling hormat menghormati. Artinya, bangsa Indonesia harus terus-menerus mengamankan dan menjaga kepentingan nasionalnya dalm kehidupan internasionalnya dalam semua aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan demi tercapainya tujuan nasional sesuai tertera dalam UUD 1945.

Tujuan Wawasan Nusantara Ke Dalam
Tujuan wawasan nusantara kedalam adalah menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial. Hal ini berarti bahwa bangsa Indonesia harus meningkatkan kepekaannya dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintregasi bangsa dan terus-menerus mengupayakan dan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan.

Nah demikianlah referensi mengenai fungsi dan tujuan wawasan nusantara di Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara lengkap beserta penjelasannya menurut para ahli. Pendidikan wawasan nusantara sangat penting karena bertujuan untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Pembiasaan
Kontribusi pelajar dalam melaksanakan asas asas Wawasan Nusantara sangat penting. Sikap jujur, sopan dan disiplin merupakan kebudayaan bangsa Indonesia sekaligus jati diri bangsa. Anda dapat berkontribusi melaksanakan asas asas Wawasan Nusantara. Sifat yang harus Anda biasakan dalam kegiatan berikut!
1.      Selalu berkata apa adanya
2.      Mengerjakan soal ujian dengan mandiri
3.      Menyapa Bapak/Ibu guru ketika berpapasan di jalan
4.      Hadir disekolah tepat waktu
5.      Mengumpulkan tugas tepat waktu


           

Proyek Gotong Royong Kewarganegaraan

 1. Tujuan Pembelajaran  Pada unit ini kalian diharapkan dapat menginisiasi sebuah kegiatan serta menetapkan tujuan dan target bersama. Sela...