Sabtu, 13 April 2019

latihan soal pas 10 semester 1


A.     Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menghitamkan salah satu bulatan A, B, C, D atau E pada soal dibawah ini
  1. Pelimpahan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat pada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah disebut....
a.       Otonomi
b.       Sentralisasi
c.       Desentralisasi
d.       Dekonsentrasi
e.       Medebewind

  1. Indonesia tidak memiliki kesatuan pemerintahan lain di dalamnya bersifat kenegaraan. Pernyataan tersebut merupakan perwujudan dari nilai....
a.       Desentralisasi
b.       Dekonsentrasi
c.       Medebewind
d.       Sentralisasi
e.       Unitaris

  1. Pernyataan berikut ini menunjukkan fungsi pokok pemberdayaan adalah....
a.       Pemerintah hanya berperan sebagai fasilisator dan motivator untuk membantu masyarakat dalam menghadapi persoalan
b.       Pemerintah mengeluarkan kebijakan moneter apabila stabilitas ekonomi terganggu
c.       Pemerintah tidak pilih kasih dalam melayani masyarakat
d.       Pemerintah mengatur masyarakat agar tidak terjadi konflik
e.       Semua warga negara berhak mendapat kesempatan yang sama dalam menerima pelayan





  1. Perhatikan urusan pemerintah berikut:
1.       Politik luar negeri
2.       Pertahanan
3.       Moneter dan fiskal
4.       Pertanahan
5.       Agama
Urusan pemerintah pusat di tunjukkan oleh nomer....
a.       1,2,3,dan 4
b.       1,2,3,dan 5
c.       2,3,4,dan 5
d.       1,3,4,dan 5
e.       1,3,4,dan 5

  1. Pada pertengahan tahun 2016 Presiden Jokowi  memberikan grasi kepada lima tahanan politik terkait gerakan Papua Merdeka yang ditahan pemerintah
     



Pemberian grasi di atas menunjukkan contoh urusan pemerintah pusat, yaitu...
a.       Keamanan
b.       Pertahanan
c.       Yustisi
d.       Moneter
e.       Politik luar negeri

  1. Pernyataan di bawah ini berisi tentang keistimewaan propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah....
a.       Adanya peran ulama dalam pemerintahan Yogyakarta
b.       Yogyakarta menjadi pusat pemerintahan sekaligus ibukota negara
c.       Penyelenggaraan kegiatan sehari hari bersendikan ajaran Islam
d.       Tata cara pengisian jabatan, kedudukan, gubernur, kebudayaan, pertanahan
e.       Yogyakarta berkedudukan sebagai tempat perwakilan negara negara asing

  1. Pengaturan kewenangan dimana pemerintah propinsi papua memperoleh pengakuan dan penghormatan terhadap hak ulayat adat Papua, diatur dalam Undang undang....
a.       UU. No. 29 Tahun 2007
b.       UU. No. 13 Tahun 2012
c.       UU. No. 11 Tahun 2006
d.       UU. No. 21 Tahun 2001
e.       UU. No. 15 Tahun 2010

  1. Daerah propinsi selain berstatus sebagai daerah, juga merupakan wilayah administratif yang menjadi wilayah kerja bagi....
a.       Presiden
b.       Gubernur
c.       Bupati
d.       Walikota
e.       Camat

  1. Hubungan harmonis antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dimaksudkan untuk....
a.       Menciptakan kesenjangan sosial
b.       Menunjukkan kekuatan partai
c.       Mencapai kemakmuran rakyat
d.       Mengangkat citra pemerintah
e.       Memperthankan kekuasaan

  1. Pemerintah daerah wajib memberikan laporan pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintah daerah kepada mitra sejajar yaitu...
a.       Menteri Dalam Negeri
b.       Sekertaris Daerah
c.       Presiden
d.       DPR
e.       DPRD

  1. Pasal 36 UUD 1945 mengatur tentang....
a.       Bahasa Indonesia sebagai bahasa daerah
b.       Kewajiban menggunakan bahas Indonesia
c.       Bahasa Indonesia sebagai bahasa ASEAN
d.       Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara
e.       Hak setiap warga negara menggunakan bahasa Indonesia

  1. Dampak yang timbul dari terwujudnya integrasi nasional yaitu....
a.       Meningkatkan solidaritas golongan
b.       Tercipta kehidupan masyarakat selaras, serasi dan seimbang
c.       Menguatnya sentimen primordial
d.       Hilangnya keberagaman dalam masyarakat
e.       Terwujudnya tata sosial masyarakat yang lebih modern

  1. Identifikasikan berdasrkan tabel berikut....

Provinsi
Bahasa Daerah
Rumah Adat
a
Sumatera Barat
Batak
Panjang
b
Banten
Sunda
Kasepuhan
c
Jawa Timur
Sasak
Joglo
d
Papua
Dayak
Honai
e
Sulawesi Tengah
Mori
Tambi

  1. Berikut adalah hasil budaya nusantara yang berupa tarian tradisional berasal dari Bali adalah....
a.       Reog Ponorogo
b.       Tari Saman
c.       Tari Cakalele
d.       Tari Piring
e.       Tari kecak

  1. Di bawah ini adalah akibat siswa yang tidak mau mengerjakan tugas kelompok adalah....
a.       Hubungan solidaritas antar teman makin solid
b.       Akan dikucilkan oleh masyarakat
c.       Tidak mendapat nilai dan dijauhi teman
d.       Dapat merugikan masyarakat
e.       Akan disegani oleh teman temannya

  1. Manfaat faktor internal munculnya semangat persatuan dan kesatuan bangsa yaitu....
a.       Adanya semangat nasionalisme untuk mnghadapi ancaman bangsa lain
b.       Sikap rendah hati bangsa indonesia terhadap persatuan dan kesatuan
c.       Munculnya keinginan PBB untuk menyatukan bangsa bangsa di dunia
d.       Adanya semangat gotong royong dalam diri bangsa Indonesia
e.       Adanya tantangan globalisasi yang memperkuat persatuan dan kesatuan


  1. Upaya agar nilai nilai moral bangsa tetap terjaga sehingga tidak terjadi hal buruk dapat dilakukan dengan cara....
a.       Menutup pergaulan dengan dunia internasional
b.       Mempelajari, menghayati dan mengamalka nilai nilai dalam pancasila
c.       Mengubah gaya hidup sesuai nilai nilai baik dari bangsa asing
d.       Membandingkan nilai nilai baru yang megikuti perkembangan zaman
e.       Menyerap semua nilai norma yang berlaku untuk kemajuan bangsa

  1. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keragaman ras, agama, bahasa dan sebagainya. Keberagaman tersebut dapat menghancurkan keutuhan bangsa Indonesia,apabila....
a.       Warga negara berpikir statis
b.       Antara pemimpin dan rakyat bersikap apatis
c.       Masyarakat Indonesia tidak saling menghormati
d.       Masyarakat tidak mendukung kebijakkan pemerintah
e.       Pemerintah sangat memperhatikan kebutuhan warganya

  1. Berdasarkan pasal 27 ayat (3) Undang undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, hak dan kewajiban bela negara dilakukan oleh....
a.       Pemerintah
b.       Setiap penduduk
c.       Setiap warga negara
d.       Tentara Nasional Indonesia
e.       Kepolisian Republik Indonesia

  1. Peserta didik dapat melakukan bela negara dengan cara....
a.       Berbuat baik terhadap sesama
b.       Menjadi anggota pramuka
c.       Mengerjakan tugas sekolah
d.       Menghargai pendapat orang lain
e.       Bersikap sopan dan santun terhadap guru

B.     Jawablah dengan Benar
  1. Jelaskan secara singkat otonomi daerah dan dekonsntrasi!
  2. Sebutka 5 urusan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah!
  3. Tuliskan 4 jenis peraturan perundang undangan sebagai dasar hukum bela negara!
  4. Sebutkan 4 manfaat menjaga integrasi nasional!
  5. Upaya penyenlenggaraan bela negara dilakukan melalui apa saja? Jelaskan!

--------------------------------------Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proyek Gotong Royong Kewarganegaraan

 1. Tujuan Pembelajaran  Pada unit ini kalian diharapkan dapat menginisiasi sebuah kegiatan serta menetapkan tujuan dan target bersama. Sela...